Thursday, September 22, 2011

Sensasi Teh untuk Kecantikan

Teh tidak hanya menyegarkan bila diminum, tapi juga di manfaatkan untuk perawatan kecantikan. Berikut ini diantara sensasi teh untuk kecantikan yang bisa Anda dapatkan :


♥♥ Menyuburkan Rambut
Tanin yang terkandung dalam teh mampu menyuburkan rambut, sehingga cocok digunakan untuk rambut yang mudah rontok dan tipis.


Cara :
Seduh teh tradisional tanpa tambahan rasa, dua hingga tiga sendok makan dengan air pana, dan biarkan semalaman. Keesokan paginya, saring hingga tinggal ampasnya saja yang tertinggal. Kemudian aplikasikan air teh yang sudah disaring tersebut pada kulit kepala secara merata.
Applikasikan seperti menggunakan hair tonic, yaitu dengan cara menepuk-nepukkan pada kulit kepala agar teh meresap. Diamkan selama 15 menit, kemudian keramas seperti biasa.

♥♥ Sebagai Sun Protector Alami
Khusus untuk teh hijau mengandung banyak anti oksidan, melebihi vitamin C dan E. Selain itu, teh hijau juga mengandung fitoproteksi yang mampu menangkal radiasi ultraviolet matahari yang merusak sel-sel kulit.
Karena itulah, ekstrak teh hijau banyak digunakan sebagai bahan pembuat kosmetik. Tapi, Anda pun bisa memanfaatkan teh hijau untuk kecantikan secara alamiah.

Cara :
Seduh dua hingga tiga sendok makan teh hijau tubruk (bukan teh celup). Biarkan seduhan hingga dingin. Setelah itu, saring dengan menggunakan kain tipis.
Gunakan air hasil saringan tersebut untuk mengompres area tubuh tertentu yang bakal tersengat matahari.
Biarkan selam 10 menit, angkat, biarkan kering alami kemudian tumpuki tabir surya.

♥♥ Sebagai Pembersih
Bila dicampur dengan kubis, teh dapat digunakan sebagai pembersih wajah alami. Selain itu, bahan tersebut juga memberikan anti oksidan yang cukup tinggi untuk kulit.

Cara :
Ambil segenggam kubis yang telah dicincang. Rebus bersama air satu gelas, biarkan mendidih hingga airnya tinggal setengah. Angkat dan tuang airnya saja ke dalam wadah khusus. Tambahkan secangkir air teh hijau serta satu sendok teh cuka.

Aduk-aduk, kemudian masukkan ke dalam botol. Diamkan semalam, keesokannya, gunakan untuk mencuci wajah. Niscaya kulit wajah akan segar dan cerah.

♥♥ Mengurangi Kerutan di Sekitar Mata

Teh mengandung polifenol yang merupakan aktioksidan alami, yang mampu menangkal radikal bebas dan menghambat munculnya penuaan dini, seperti kerutan di sekitar mata.

Cara :
Ambil dua bungkus teh celup yang sudah tidak digunakan lagi. Kemudian masukkan ke dalam lemari es selama lima menit.
Setelah itu, ambil dan gunakan untuk mengompres area sekitar mata, yang terdapat kerutan.
Diamkan selama 10-15 menit, angkat dan basuh wajah dengan air bersih.

♥♥ Mengurangi Kadar Minyak pada Wajah

Teh hijau juga dapat digunakan untuk mengurangi kadar minyak pada wajah. Itu karena teh hijau mengandung zat yang dapat mengendalikan kelenjar sebaceous dibawah kulit, terutama pada musim panas.

Cara :
Tuang air teh hijau ke dalam cetakan es, kemudian masukkan ke dalam lemari es hingga membeku. Keesokannya, ambil satu balok teh hijau, gosokkan ke seluruh wajah secara merata.
Diamkan selama lima menit dan biarkan kering alami. Dengan cara ini kulit wajah berminyak akan berkurang dan make up akan menempel lebih lama.

♥♥ Mengatasi Bau Badan
Teh hijau kaya akan vitamin dan asam yang mampu mengusir bau badan tidak sedap. Kemampuan tersebut semakin kuat bila dicampur dengan bahan herbal.

Cara :
Seduh segenggam teh hijau ke dalam wadah berukuran besar. Selagi panas, tambahkan kelopak bunga mawar sebanyak dua hingga tiga kuntum. Diamkan semalaman.
Keesokan paginya, saring air rendaman tadi, tuang air hasil saringan tersebut ke dalam bath tub. Tambahkan air secukupnya dan gunakan untuk berendam. Senyawa dalam teh akan mengurangi bau badan yang kurang sedap dan bunga mawar memberikan kesegaran alami.





Sumber Artikel :
Tabloid CantiQ
(Back to Nature)
Edisi 213 . II September 2011





No comments:

Post a Comment

Copyright © 2009- kunitmaulana